Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia, Kemenkumham Gelar Pameran Pelayanan Publik
Jakarta – Pandemi Covid-19 yang berlangsung setidaknya 20 (dua puluh) bulan telah berdampak pada sendi-sendi kehidupan utamanya bagi sendi perekonomian. Kondisi tersebut memaksa
pemerintah untuk memberlakukan pembatasan sosial sebagai upaya mengurangi
dampak
penyebaran Covid-19 sehingga menyebabkan turunnya intensitas kegiatan ekonomi yang menyebabkan terjadinya economic seatbacks.
Sebagai kontribusi untuk mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi
nasional,
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) telah melakukan
digitalisasi
penyelenggaraan pelayanan publik di hampir seluruh layanan mulai dari layanan administrasi hukum umum, layanan keimigrasian, layanan kekayaan intelektual, dan layanan hukum lainnya
yang bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan dalam kondisi
saat ini.
Digitalisasi layanan Kemenkumham tersebut kemudian dihadirkan bagi masyarakat melalui kegiatan Legal Expo dalam rangka perayaan Hari
Dharma Karya Dhika (HDKD) 2021 dengan
mengusung
tema “Kemenkumham Semakin PASTI
Bangga
Melayani Bangsa
Mewujudkan
Pelayanan Kelas Dunia”
yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2021.
Kegiatan yang terdiri
dari pameran pelayanan publik, webinar series, dan rangkaian hiburan
tersebut dapat diakses oleh masyarakat
baik secara online dengan virtual exhibition, maupun offline
dengan pameran yang diadakan di Lotte
Shopping
Avenue
yang
diharapkan dapat
memberikan layanan, edukasi, sekaligus hiburan kepada masyarakat. Kegiatan ini
merupakan
komitmen Kemenkumham untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam
mendapatkan pelayanan melalui
pemanfaatan teknologi informasi.
“Kemenkumham dituntut untuk adaptif dan lincah (agile) harus menjadi organisasi pembelajar
yang banyak menghasilkan inovasi, keluar zona nyaman (comfort zone), meninggalkan pola kerja business as usual, dan mulai selalu berpikir untuk membangun legacy,”
ujar Direktur Jenderal
Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo R. Muzhar (25/10/21).
Melalui Legal
Expo, Kemenkumham juga melakukan pelayanan dan konsultasi
baik secara
langsung maupun secara virtual pada beberapa layanan unggulan yang dimiliki oleh unit
utama
sebagai bagian
dari kegiatan pameran pelayanan
publik. Pameran pelayanan publik yang lebih menekankan pada aspek virtual
tersebut juga merupakan wujud dari
birokrasi
digital
melalui
adaptasi kebiasaan baru
pasca pandemi Covid-19
melanda yang menyebabkan terbatasnya
kegiatan masyarakat.
“Selain mencerminkan wujud birokrasi digital, pelayanan virtual tersebut sesuai dengan konsep
adaptasi kebiasaan baru guna menjaga produktivitas pelayanan kepada publik dengan penerapan perilaku pencegahan penularan COVID-19,”
tambah Cahyo.
Selain pelayanan pada unit utama, dilaksanakan juga pameran pelayanan pub lik Kemenkumham secara serentak di Kantor Wilayah Kemenkumham di seluruh Indonesia dengan mengedepankan
protokol
kesehatan.
Tidak hanya pameran pelayanan publik, dalam kegiatan ini juga disajikan webinar series bertemakan pelayanan publik Kemenkumham untuk wujudkan pelayanan kelas dunia
melalui
peran dari
Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dengan Perseroan Perorangan yang
baru dirilis, Badan
Pembinaan
Hukum Nasional (BPHN) dengan pemberian
ruang akses keadilan, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) dengan pendaftaran merek dan karya tanpa sengketa hak cipta, serta Direktorat
Jenderal Imigrasi dengan kebijakan
izin tinggal dan visa pada masa pandemi Covid-19.
Melalui rangkaian kegiatan perayaan HDKD 2021 ini, seluruh insan Kemenkumham tetap berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui birokrasi yang lebih adaptif, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan dengan dukungan teknologi digital hingga mengantarkan Kemenkumham menjadi organisasi dengan pelayanan publik kelas dunia.
0 komentar: